Dalam rangka peningkatan publikasi, Universitas Abdurrab mengadakan Workshop penguatan karya tulis ilmiah Dosen, yang dilaksanakan di Susiana Tabrani Convention Hall, tepatnya diruang Soraya Medina.
Acara ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 9 hingga 10 Agustus 2022.

Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Abdurrab ibu Prof. Susi Endrini S.Si., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ada banyak sekali jenis dan ragam karya tulis yang bisa dibuat oleh Dosen, mulai dari buku ajar, monograf, buku referensi, jurnal ilmiah, prosiding, dan lain sebagainya.
Ibu Rektor berharap dengan adanya acara ini dapat memacu Dosen di Universitas Abdurrab untuk lebih giat lagi dalam membuat karya tulis.

 


Acara ini menghadirkan bapak Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dari Universitas Islam Malang sebagai pemateri 1 dan Prof. Dr. H. Nur Islami, S.Si., M.T. dari Universitas Riau sebagai pemateri 2.
Pemateri 1 menyampaikan materi tentang penulis karya tulis ilmiah dalam bentuk buku pada tanggal 9 Agustus 2022. Pemateri memulai materi dengan pentingnya menulis buku bagi Dosen, beliau juga menjelaskan suka duka dalam menulis buku dari awal menulis hingga telah menghasilkan 38 buku. Pemateri melanjutkan beberapa tips dan trik agar Dosen dapat produktif menulis buku berdasarkan pengalaman pribadi pemateri, lalu acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, tanya jawab, dan diakhiri dengan foto bersama.
Pada hari berikutnya, materi disampaikan oleh pemateri 2 yang membahas tentang karya tulis ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi. Pemateri 2 yang mempunyai banyak pengalaman sebagai editor dan reviewer jurnal internasional mengawali pembahasan dengan materi tentang beragam penerbit dan lembaga indeksasi yang mempunyai reputasi kelas dunia. Lebih jauh lagi, pemateri menjelaskan beberapa kiat yang dapat diaplikasikan Dosen Universitas Abdurrab seperti bagaimana mencari novelty/kebaharuan, pengolahan dan pengajian data, hingga bagaimana memilih jurnal yang tepat agar hasil karya tulis dapat lebih maksimal dan terhindar dari praktik-praktik yang dapat merugikan Dosen. Pembahasan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *