Universitas Abdurrab mengadakan Workshop pembuatan artikel ilmiah terindeks bereputasi, yang dilaksanakan secara luring digedung teater 2 Universitas Abdurrab pada tanggal 20 Juni 2022 dengan narasumber yaitu Assoc. Prof. Dr. Nurul Huda dari Universiti Malaysia Sabah.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya sebuah publikasi terindeks bereputasi seperti Scopus dan WoS. Selain untuk membangun reputasi Dosen dan kenaikan pangkat menuju lektor kepala, publikasi terindeks bereputasi juga dapat menjadi rekam jejak seorang Dosen sendiri terkait kualitas riset yang telah dilakukan.

Senada dengan Rektor Rektor Universitas Abdurrab, narasumber juga mengawali pembahasan  dengan pentingnya publikasi bagi Dosen. Beberapa hal lain yang menjadi materi pembahasan diantaranya bagaimana mengenali lembaga pengindeks, memilih jurnal yang tepat, tips mempersiapkan artikel sebelum submit, dan mengatasi kendala bahasa.

Para peserta workshop mengikuti kegiatan dengan antusias. Setelah pemaparan materi dari narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta memberikan pertanyaan terkait bagaimana kiat-kiat mempublikasikan artikel agar bisa diterima pada jurnal terindeks bereputasi. Selain pemaparan materi dan sesi tanya jawab, kegiatan workshop dilanjutkan dengan membedah beberapa draft artikel ilmiah dari beberapa Dosen. Narasumber memberikan Kritik dan saran yang membangun terkait draft artikel yang dibedah. Setelah beberapa draft artikel selesai dibedah, narasumber berharap agar beberapa masukan yang diberikan bisa bermanfaat dan draft artikel ilmiah bisa publish. Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dan ramah tamah dengan narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *