Universitas Abdurrab mengadakan Workshop pembuatan pembuatan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang dilaksanakan secara daring via platform zoom pada tanggal 12 Juli 2022 dengan narasumber yaitu Prasandhya Astagiri Yusuf, S.Si, M.T, Ph.D dari Medical Technology IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III bidang penelitian, pengabdian, dan inovasi Universitas Abdurrab dr. May Valzon, M.Sc. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya sebuah roadmap penelitian, baik untuk Dosen, Program Studi, maupun Fakultas. Selain untuk membangun tonggak ketercapaian hasil dari penelitian dan pengabdian, sebuah roadmap juga dapat menjadi panduan agar penelitian dan pengabdian lebih terarah.

Senada dengan Wakil Rektor III, narasumber juga mengawali pembahasan  dengan pentingnya publikasi bagi Dosen. Beberapa hal lain yang menjadi materi pembahasan diantaranya sekilas tentang Medical Technology IMERI, best practice dalam merancang roadmap, memanfaatkan big data, bagaimana berkolaborasi dengan disiplin ilmu yang berbeda, hilirisasi hasil penelitian, dan kerjasama dengan pihak industri.

Para peserta workshop mengikuti kegiatan dengan antusias. Setelah pemaparan materi dari narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta memberikan pertanyaan terkait bagaimana membangun sebuah roadmap penelitian dan pengabdian yang terstruktur dan terarah. Selain pemaparan materi dan sesi tanya jawab, kegiatan workshop dilanjutkan dengan membedah roadmap dari beberapa Program Studi dan Dosen. Narasumber memberikan Kritik dan saran yang membangun terkait roadmap yang dibedah.

Setelah beberapa roadmap selesai dibedah, narasumber berharap agar beberapa masukan yang diberikan bisa bermanfaat dan dapat menghasilkan roadmap penelitian dan pengabdian yang lebih baik. Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dan ramah tamah dengan narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *