Universitas Abdurrab mengadakan seminar pendirian LSP, yang dilaksanakan di gedung Teater 2 Universitas Abdurrab pada tanggal 2 Agustus 2022 dengan narasumber yaitu aitu Bapak Miftakul Azis yang merupakan Wakil Ketua BNSP.
Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Abdurrab Ibu Prof. Susi Endrini, M.Sc., Ph.D, serta dihadiri oleh Dekan Kaprodi dilingkungan Universitas Abdurrab Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa urgensi perlunya sebuah LSP didirikan di Universitas Abdurrab. Salah satunya adalah untuk menjawab tantangan dunia kerja pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0


Narasumber mengawali pembahasan latar belakang terkait urgensi kompetensi lulusan dari perguruan tinggi, dimana seorang lulusan harus diuji kompetensinya sebelum memasuki dunia kerja melalui LSP, yang akan mengeluarkan pengakuan berupa sertifikasi kompetensi berdasarkan hasil asesmen. Tentunya kompetensi ini juga tidak datang dengan sendirinya, harus ada pihak lain yang membentuk kompetensi lulusan seperti Dosen, Program Studi, Unit Pengelola, Stake Holder, dan lain sebagainya, tutur Narasumber. Lebih lanjut lagi, Narasumber memaparkan bahwa LSP harus bisa melakukan berdiri independen karena akan melaksanakan mekanisme penjaminan mutu di Perguruan tinggi terkait kompetensi lulusan, sehingga pengguna lulusan maupun Stake Holder dapat mengakui lulusan Universitas Abdurrab mempunyai kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja. Penjelasan Narasumber diakhiri dengan kaitan antara peta okupansi pada beberapa bidang yang sesuai dengan Program Studi di Universitas Abdurrab
Para peserta workshop mengikuti kegiatan dengan antusias. Setelah pemaparan materi dari narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta memberikan pertanyaan terkait bagaimana pembentukan dan tahapan pendirian LSP, serta kaitannya dengan profil lulusan di Program Studi.
Narasumber memberikan closing statement yaitu penting nya sebuah LSP dibentuk secara mandiri di Universitas Abdurrab, agar menjadi jaminan kompetensi lulusan. Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dan ramah tamah dengan narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *